Thursday, November 26, 2015

TUGAS ONLINE 3 rencana Pemasaran



                                                    TUGAS ONLINE INDIVIDU
“RENCANA PEMASARAN”






Disusun oleh:

ROSI DAMAYANTI (2014-36-013)








       
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS ESA UNGGUL
JAKARTA
2015





Riset pemasaran sederhana untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan calon pembeli :
1.      Jenis barang/jasa yang dijual                               :Empek-Empek Palembang.

2.              Keunggulan produk di banding pesaing         :Empek-empek yang kami jual dari segi bentuk lebih besar dari yang lain, mulai dari ukuran jenis lenjer, isi telur dan empek-empek kapal selam. Selain itu juga kuah yang kami sajikan lebih sedikit kental, karena kami ingin member rasa yang mencolok dari kuah nya.

3.              Target pembeli (kelas pembeli)                        :Makanan ini di tagetkan untuk kalangan anak sekolah, mahasiswa, anak-anak, dan seluruh kalangan kelas, karena makanan ini umum untuk di konsumsi.

4.              Daerah penjualan (kota, negara)                      :Saya sebagai reseller menjual daerah kebun jeruk, dan tangerang karena pusat nya ada di bogor.

Aspek permasaran lainnya:   
1.      Permintaan : 
a.       Lokasi                                     :Kota Tangerang
b.      Jumlah penduduk                    :2.483.764
c.       Usia                                         : semua usia
d.      Pendapatan                             :
Penjualan senin-Jumat (5 hari)
1.      1 Porsi  (Kapal selam) asli       :  Rp.8.000
Reseller menjual                      : Rp.10.000
2.      1 porsi lenjer isi telur : Rp.8000
Reseller menjual asli    :Rp.10.000
3.      20  lenjer dan isi telur dan 5 porsi kapal selam =25 porsi.
Setiap Hari 25 Porsi Kapal Selam dan Lenjer isi telur  x  
x 1 (hari) =  250.000/ hari
Setiap Minggu 25 porsi x 10.000 x 5 hari =  Rp..1.250.000/minggu
Setiap Bulan 25 (porsi) x 10.000 x 20 (hari) = 5.000.000/bulan
Jadi 500 (porsi) dalam 1 bulan
Keuntungannya : 500 (bgks) x 8000 (harga asli) =Rp.4.000.000
                            500 (porsi) x 10000 (harga jual) =Rp.5.000.000
Jadi pendapatan/keuntungan bersih 5.000.000 – 4.000.000 = 1.000.000/bulan
e.       Potensi pembeli                       : Semua kalangan terutama para pelajar dan              mahasiswa.               
f.       Penjualan per bulan     : Setiap Bulan 25 (porsi) x 10.000 x 20 (hari) = 5.000.000/bulan
Jadi 500 (porsi) dalam 1 bulan
Keuntungannya : 500 (bgks) x 8000 (harga asli) =Rp.4.000.000
                            500 (porsi) x 10000 (harga jual) =Rp.5.000.000
Jadi pendapatan/keuntungan bersih 5.000.000 – 4.000.000 = 1.000.000/bulan

g.      Penjualan per tahun dan sebagainya : Jadi pendapatan/keuntungan bersih 1.000.000/bulan x 12 bulan = Rp.12.000.000

2.      Penawaran :
a.       Kapasitas pesaing utama         : 5
b.      Rencana penjualan                  : Ingin membuka cabang baru di tempat strategis seperti, Kampus,Sekolahan, kantor dll.
c.        Mangsa pasar dan sebagainya : Di sekitar tempat umum.
3.      Tingkat pertumbuhan :
a.       Pertumbuhan permintaan berdasarkan pertumbuhan penduduk (%) : 80%
b.      Pertumbuhan penawaran berdasarkan pertumbuhan ekonomi (%) : 70%
c.       Pertumbuhan penjualan (%) dan sebagainya : 90%
4.      Persaingan :
a.       Pesaing utama (keunggulan)               :Menyediakan makanan lain selain empek-empek, dll.
b.      Pemasaran(product, price, place, promotion) :
Product: Empek-empek Palembang.
Price: 10.000-15.000
Place : Kampus ,kantor , rumah sakitd an pasar
c.       Biaya distribusi/place (Rp)                  :200.000
d.      Biaya promosi (Rp)                             :Beli 2 porsi 15.000
e.       dan sebagainya                                    :-

No comments:

Post a Comment